Bali United FC

Profil Klub TSC 2016: Bali United FC
Oleh Juprianto Alexander Sianipar
pada 22 Apr 2016, 07:30 WIB
Bola.com, Jakarta Bali United FC merupakan klub 'baru' di pentas persepak bolaan Tanah Air. Tim berjulukan Serdadu Tridatu meramaikan kompetisi kasta tertinggi setelah mengakusisi klub asa Kalimantan Timur, Persisam Putra Samarinda.
Proses akusisi saham itu terjadi pada Desember 2014. Direktur Utama PT Persisam Putra Samarinda, Harbiansyah Hanafiah memutuskan melepas saham klub ke pengusaha lokal, Pieter dan Yabes Tanuri.
Begitu proses akusisi beres, Pieter dan Yabes membawa Persisam ke Pulau Dewata dan mengganti nama klub menjadi Bali United Pusam. Kehadiran Bali United membuat Bali kembali punya wakil di kompetisi paling elite Indonesia.
Demi mengharumkan nama Bali, Yabes Tanuri sebagai CEO klub mendatangkan, Indra Sjafri. Pelatih asal Padang itu merupakan aktor kunci kesuksesan timnas U-19 juara Piala AFF U-19 dan lolos ke putaran final Piala Asia U-19 tahun 2014.
Alih-alih ingin berprestasi, Bali United racikan Indra harus menerima kenyataan kompetisi terhenti karena pembekuan PSSI oleh Kemenpora pada 17 April dan sanksi FIFA pada 30 Mei 2015. Alhasil, Bali United hanya tampil dari turnamen ke turnamen sepanjang tahun 2015 hingga awal tahun 2016.
Kini, setelah menunggu selama satu tahun, Bali United punya kesempatan unjuk gigi seiring bergulirnya Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo, 29 April-18 Desember 2016. Kompetisi yang diikuti 18 klub ini juga akan menjadi pembuktian Indra yang sukses bersama timnas U-19.
Indra berupaya membangun kembali skuatnya pasca kepergian beberapa pemain pilar seperti Yoo Jae-hoon, Sultan Samma, Lerby Eliandry, dan Bayu Gatra. Tempat para pemain tersebut coba digantikan Indra dengan mengkombinasikan pemain junior, senior, dan pemain asing.
Dua pemain asing, Kiko Insa dan Lucas Patinho dipadukan Indra dengan pemain berpengalaman seperti I Gede Sukadana, Bobby Satria, serta pemain muda yang selalu menghuni tim inti macam Ricky Fajrin.
Yang paling gres, Indra mendatangkan pemain serbabisa, Hasim Kipuw untuk mengisi pos Indra Permana yang harus absen lama karena cedera. Kombinasi pemain ini diharapkan bisa membawa Bali United mengukir prestasi di TSC 2016.
Mengenai kesiapan timnya, Indra mengakui masih membutuhkan beberapa tambahan pemain, khususnya di lini depan. Hal itu pula yang membuat Bali United memberikan kesempatan seleksi kepada pemain yang tak dikontrak Persija, Gilbert Fiamenyo usai mencoret striker asal Paraguay, Silvio Escobar.
Soal target, Bali United berambisi finis di posisi 10 besar klasemen akhir. Target ini dinilai realistis dengan skuat yang dimiliki tim Pulau Dewata saat ini.

Data Klub
Bali United FC
Berdiri: 1989
Stadion: I Wayan Dipta, Gianyar
CEO: YabesTanuri
Pelatih: Indra Sjafri

Pemain:
Kiper: Ngurah Komang Arya, Moch Diky Indriyana, Rully Desrian, I Putu Pager Wirajaya
Belakang: Indra Permana, HasimKipuw, RickyFajrinSaputra, FelsianusJunius R Bate, Agus NovaWiantara, I Nyoman Adi Parwa, Bobby Satria, KikoInsa
Tengah: Hendra Sandi, LoudryMeilana Setiawan, I Gede Sukadana, Fadil Sausu, SyakirSulaiman, LucasPatinho
Depan: Martinus Novianto, Yabes Roni, Alsan Sanda, Yulius Mauloko, Miftahul Hamdi, I Nyoman Sukarja, I Made Wirahadi
http://www.bola.com/tsc-2016/read/2489671/profil-klub-tsc-2016-bali-united-fc