Persib Bandung

Profil Klub Torabika SC 2016: Persib Bandung
Oleh Permana Kusumadijaya
pada 13 Apr 2016, 08:00 WIB
Bola.com, Jakarta - Menjelang bergulirnya kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016, bola.com menyajikan profil klub-klub peserta. Fokus kami kali ini: Persib Bandung.
Persib  menjadi salah satu tim besar yang ada di kompetisi Tanah Air. Melihat sejarah berdirinya Persib, tim berjulukan Maung Bandung ini berdiri sebagai perkumpulan sepak bola di Tanah Pasundan dengan tujuan melakukan perlawananan terhadap kekuasaan kolonial Belanda.
Sebelum bernama Persib, para pelaku sepak bola di Bandung lebih dahulu mendirikan Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) pada tahun 1923. Setelah BIVB tenggelam muncul dua perkumpulan sepak bola yakni Persatuan Sepak bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB).
Dan pada tahun 1933 kedua perkumpulan itu sepakat melebur diri menjadi Persib yang bertahan hingga sekarang ini.
Saat berlaga di kompetisi Perserikatan, Tim Pangeran Biru jadi salah satu tim yang disegani. Mereka tercatat menjadi juara sebanyak empat kali. Di sisi lain, setiap eranya Persib selalu melahirkan bintang-bintang Timnas Indonesia.
Pada interval pertengahan 1980-1990-an Persib melahirkan generasi emas dengan segudang prestasi. Klub bernuansa warna biru tersebut melahirkan pesepak bola bertalenta macam Adjat Sudrajat, Djadjang Nurdjaman, serta Robby Darwis.
Saat PSSI menggabungkan Perserikatan dengan Galatama, Persib jadi kampiun musim pertama 1994-1995. Hebatnya, mereka yang mengandalkan 100 persen pemain lokal, jadi yang terbaik di tengah kepungan klub-klub pesaing yang bermodalkan pemain asing.
Sayangnya pasca jadi juara musim perdana Liga Indonesia, Persib puasa gelar juara cukup lama. Sesuatu yang mengherankan, mengingat mereka jadi salah satu klub yang selalu didukung dana APBD berlimpah.
Di setiap musim skuat Persib selalu dihuni nama-nama pemain top, baik asing ataupun lokal. Pelarangan penggunaan dana APBD mulai tahun 2011 disikapi dengan cekatan oleh Persib dengan membentuk perseroan yang dihuni pengusaha kakap.
Di motori pengusaha gila bola asal Kota Kembang, Glen Sugita, PT Persib Bandung Bermartabat, perseroan yang mengelola klub menyokong Persib dari berbagai aspek.
Persib menjelma jadi tim super. Mereka kuat dalam sisi finansial serta memiliki visi bisnis jangka panjang. Persib bisa dibilang jadi salah satu klub percontohan di Indonesia. Di saat kompetisi profesional Indonesia belum berada dalam titik ideal dari sisi bisnis, mereka sukses menggaet banyak sponsor.
Glen Sugita dkk. yang tergabung dalam Konsorsium PT Persib Bandung Bermartabat tak lantas bisa menyajikan prestasi. Kesuksesan baru datang pada Indonesia Super League (ISL) 2014. Setelah 14 tahun dahaga gelar juara yang menginggapi para bobotoh terpuaskan.
http://www.bola.com/indonesia/read/2482087/profil-klub-torabika-sc-2016-persib-bandung