Semen Padang

Profil Klub Torabika SC 2016: Semen Padang
Oleh Aning Jati
pada 11 Apr 2016, 10:00 WIB
Bola.com, Padang - Persaingan panas kompetisi i Torabika Soccer Championship 2016 bakal mulai pada 29 April 2016. Bola.com mencoba menyajikan profil klub-klub kontestan. Yang pertama dimulai dari: Semen Padang.
Semen Padang merupakan salah satu kekuatan tradisional di persepak bolaan Sumatra Barat. Berbasis di Padang, klub ini merupakan kebanggaan Urang Awak.
Setidaknya dua gelar juara pernah dicapai tim yang bermarkas di Stadion Haji Agus Salim, Padang, ini. Gelar juara perdana klub yang didirikan pada 30 November 1980 ini diraih di ajang Piala Galatama 1992. Titel juara berikutnya yang diraih adalah Indonesian Premier League (IPL) 2012.
Buat klub lulusan kompetisi Galatama ini, dua gelar juara yang sudah diraih menjadi yang terbaik di antara klub asal Sumatra Barat lainnya.
Tidak hanya di tingkat domestik, Semen Padang juga pernah memberi kebanggaan buat Ranah Minang. Pada 2013 klub ini pernah menjejakkan langkah hingga perempat final Piala AFC, kompetisi kasta kedua di level Asia atau di bawah Liga Champions Asia (LCA).
Tentu saja pencapaian itu menjadi yang terbaik dari 23 klub di Sumatra Barat yang terdaftar sebagai anggota PSSI. Namun demikian, sederet prestasi yang pernah diraih Semen Padang ini tidak lepas dari kekuatan finansial yang dimiliki.
Ditopang perusahaan semen nasional yang ada di Indarung, Semen Padang hampir tidak mengalami kesulitan keuangan. Alhasil, tim ini tidak kesulitan saat mempersiapkan tim untuk mengikuti kompetisi atau turnamen. Beda halnya dengan klub lain yang sejarahnya berasal dari perserikatan atau amatir.
Namun demikian, Semen Padang tidak lantas selalu jorjoran dalam melakukan belanja pemain. Prinsip mencetak pemain tetap di kedepankan. Tidak heran bila dalam beberapa tahun terakhir tim ini banyak memberi kepercayaan buat para pemain muda untuk dikontrak. Sebut saja Adi Nugroho hingga Hendra Bayauw.
Di sisi lain, sejak era Liga Indonesia mulai 1994-1995 hingga era Indonesia Super League sekarang, Semen Padang terbilang konsisten selalu berada di kompetisi kasta tertinggi. Mereka hanya pernah jatuh ke level Divisi Utama atau kasta kedua kompetisi di Tanah Air pada musim 2007.
Tetapi, pada musim 2009-2010 Semen Padang sudah berhasil meraih tiket promosi kembali ke Indonesia Super League. Hebatnya pada musim perdana di kasta elite (2010-2011) Tim Kabau Sirah langsung duduk di peringkat empat besar.
Terakhir di ISL 2014 Semen Padang juga sempat masuk semifinal. Saat kompetisi profesional vakum sepanjang 2015 hingga awal 2016 imbas konflik berkepanjangan Kemenpora dengan PSSO. Tim Urang Awak sempat jadi finalis Piala Jenderal Sudirman. Mereka kalah tipis 1-2 di partai puncak. Pencapaian ini jadi modal bagus menghadapi Indonesia Soccer Championship.

Data Klub
Berdiri: 1980
Stadion: H. Agus Salim, Padang
Prestasi:  Juara Piala Galatama 1992, juara IPL 2011-2012, runner-up Piala Indonesia 2013, juara Indonesia Community Shield 2013

Daftar Pemain
Kiper: Jandia Eka Putra, Rivki Mokodompit
Belakang: Hengki Ardiles, Novrianto, Cassio Fransisco, Satrio Syam, Novan Setya Sasongko, Handi Ramdan, Agung Prasetyo, Fandry Imbiri
Tengah: Vendri Mofu, Diego Messies, Irsyad Maulana, Defri Riski, Leo Guntara
Depan: Riko Simanjuntak, M Nur Iskandar, Adi Nugriho, Marcel Silva, Christoper Sibi
http://www.bola.com/tsc-2016/read/2477693/profil-klub-torabika-sc-2016-semen-padang